Pertama Kali Kenal Alamouti!

Fiuh, pertama kali magang di PAU ditanyain

Q: TA-nya apa?

A (me) : antena microstrip buat wimax.

Q : hmmm, kl magangnya tentang MIMO gimana. Tahu kan MIMO?

A : Tahu, paling tidak singkatannya, MIMO = Multiple Input Multiple Output!

Q : OK! MIMO kl gitu. Ntar, dikasih paper Alamouti ttg MIMO.

Alamouti itu gw kirain nama sistem baru yg dipropose, ehhh ternyata nama orang!

Semenjak itu, dalam 2 bulan terakhir ini aku bergelut dengan papernya Alamouti. Paper itu mempropose suatu sistem diversitas transmit. Hasilnya adalah: Space Time Block Codes (STBC) yg memiliki banyak nama alias (kaya buronan aja!), yakni a.l. Alamouti’s Codes, STC (space time coding)-> sistemnya red, STTD (space time transmit diversity).

That’s is my first time know who/what is Alamouti!

Categories: My Opinion, Telecommunication Engineering | 4 Comments

Post navigation

4 thoughts on “Pertama Kali Kenal Alamouti!

  1. wow….bener pak….

    saya juga waktu pertama kali belajar paper nyangka kalau nama yang bikin paper itu adalah konsep algoritma..

    huehue…..
    ternyata justru biasanya teori2 dan konsep yang berasal dari nama orang ya.

    blogmu ku link.

  2. woi pak andjas…
    neng pau to?
    maen neng blogku yo? http://www.gareng.net/ hehe….

  3. boleh minta jurnal alamoutinya ga??? Bisa bantuin nerangin kira2 bagaimana skema diagram STBC pada sistem multiuser CDMA? Saya kesulitan di TA saya…

    • Andjas

      kalo papernya alamouti boleh aja.
      Wah, saya ndak tahu blok sistem CDMA bos. saya mainnya di WiMAX IEEE 802.16e-2005.
      Harusnya ndak susah sih jika Anda berusaha mengerti STBC Alamouti dan sistem CDMA :D.

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

