Simulasi STBC (Space Time Block Codes) 2Tx-2Rx

Setelah membaca Alamouti dan mencari-cari contoh skrip dari file sharingnya mathworks, akhirnya aku berhasil membuat simulasi STBC (ato lebih beken disebut MIMO) 2Tx-2Rx. Trus ditambahin dengan proses Montecarlo agar hasilnya lebih bagus lagi.

Fiuh, surely it was need quite lot effort!

Hasil simulasi bisa dibilang nyaris sama dengan yg ada dalam Paper Alamouti (Alamouti M. Siavash red). Maklum simulasi pake Laptop yg RAM-nya cuma 768 MB (RAM total = 1 GB, 256 buat VGA).

Here is the simulation result and I’m proud of it!

NB: Simulasi dengan jumlah data = 10e5, dengan modulasi PSK (ket: Alamouti jg memakai modulasi PSK)

Categories: Telecommunication Engineering | 7 Comments

Post navigation

7 thoughts on “Simulasi STBC (Space Time Block Codes) 2Tx-2Rx

  1. Wuihh.. kerenn
    btw Alomouti nya mo dipake di fixed apa mobile WiMAX, apa malah DVB ???

  2. Andjas

    Dipake di WiMAX Om Farid.
    Terserah yg mobile/fixed, yg aku buat itu yg support kedua2nya. toh sistemnya gak beda dari segi STC-nya.

  3. kawanmu

    Rakan,
    saye tertarik dengan simulation alamouti kamu. Sekarang saye dlm process buat alamputi QPSK, simulation yg saye dpat tidak smooth seperti yg saudari dapat. Jikalau saudari boleh tlg sama saya, boleh tlg email saya =(

  4. saya sedang mempelajari teknik alamouti untuk tugas akhir saya, namun masih ” gelap “..:)
    kekurangan ide dan bahan nie mas..help please 😦

  5. Andjas

    Gelap dibagian mananya?
    Btw, TA STBC bahas apanya?

    Baca aja papernya Alamouti aja dulu, insyallah gak sulit dicerna kog.

  6. saya punya jurnal STBC multiuser CDMA systems over rayleigh fading channel tapi saya masih sulit memahaminya. Bisa bantu jelasin lewat model skema blok diagramnya ga? biar lebih gampang dipahami.

    • Andjas

      Waduw, maaf mas, saya lagi penuh dengan kerjaan.
      Deadline pekerjaan yg sebelumnya akhir tahun ini, dimajukan jd bulan depan….

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

