Secangkir Teh Tidak Bermutu Dari Sariwangi

Sariwangi mungkin menjadi merek teh kantong (tea bag) yang paling terkenal. Bila ditanyakan ke banyak orang, mungkin, hampir semuanya menjawab teh kantong itu ya…. “sariwangi”. Namun, apa itu berarti teh sariwangi berkualitas???

Perlu saya beritahukan, tulisan ini bukan untuk “memojokkan” teh merek tertentu (sariwangi), namun lebih kepada pendapat pribadi terhadap kualitas sesuatu.

Kualitas teh dapat kita lihat dari aroma, warna, dan rasa air teh yang dihasilkan. Bagaimana aroma, warna, dan rasa air dari daun teh yang berkualitas:

Catatan: Air teh diseduh tanpa gula. Sebisa mungkin pada cangkir/mug dengan warna putih agar warna hasil seduhan air teh jelas terlihat.

  1. Aroma : harum,
  2. Warna : merah bata atau merah maroon,
  3. Rasa : Pahit ketika awal meminumnya, namun kemudian berasa manis.

Lalu bagaimana dengan aroma, warna, dan rasa air teh sariwangi???

  1. Aroma : cenderung tidak berbau, atau bau harum tehnya kurang tajam
  2. Warna : merah pekat kehitaman,
  3. Rasa : Pahit, baik ketika awal meminum maupun beberapa saat setelahnya, boso jowone “sepet” terus.

Jadi, kesimpulannya teh Sariwangi tidak bermutu! Memang itu sesuai dari harga yang kita bayarkan, kasarnya “ada harga, ada barang”. 1 pak sariwangi isi 25 kantong dijual dengan harga tiga ribuan rupiah. Jadi kira2, satu kantong berharga Rp 120.

Kalo, memang Anda suka meminum teh, tidak salahnya membeli yang agak lebih mahal. Beberapa pilihan berikut mungkin dapat membantu. Teh “Sosro Premium” dapat menjadi pilihan yang murah dan cukup berkualitas. Harga 1 pak (25 kantong) sebesar Rp 6.000an cocoklah buat mahasiswa kaya penulis. Atau, teh hijau dari “2 Tang” dengan isi yang sama dibandrol Rp7.500an.

Toh, kenikmatannya rasa dan aromanya jauh berbeda dengan merek sariwangi.

Advertisements
Categories: Tips n Trick | 11 Comments

Post navigation

11 thoughts on “Secangkir Teh Tidak Bermutu Dari Sariwangi

  1. Laila

    kan katanya sariwangi itu ampas teh, eh pokoknya mah bukan teh kualitas bagus aja…karena yang bagus2nya diimpor. makanya, gua juga di rumah yang sering pake teh sariwangi cuma adek gw. gw sama sisa keluarga yang lain pake teh seduh.

    lagian bleacing dari kantong teh celup itu berbahaya buat kesehatan loh….

  2. Andjas

    Teh sosro yg premium tuh enak, jauhlah ama sariwangi.

    yup, makanya kalo buat teh kantong celupinnya skitar 5 menitan sahaja, kalo lebih kata temanku yg kakaknya di LIPI dan pernah meneliti ttg ini, bilang berbahaya kalo lebih dari 5 menit. yaitu pemutih kantongnya kayanya bisa masuk ke air teh.

    • ghofur

      mank nya??
      bahaynaya apa??
      .
      apa benar teh sariwangi itu dari teh hijau

  3. Hm, saya juga penggemar teh. Lagi nyari2 rumus untuk membuat teh nasgitel (panas legi kentel). Namun masih gagal.. 😀

    Btw, sudah coba install pidgin 2.5.7 ? http://budiwijaya.or.id/tutorial/install-pidgin-257-di-ubuntu-jaunty.html

    –budiw

    • Andjas

      Udah instal bos, alhamdulillah bisa login pake profil alias.
      Thx

  4. Dwi puji s

    .

  5. rachman

    saya punya rumusan teh asli aroma dan wangi teh alami dijamin 100%

  6. PRAS_PRASTIYO

    sariwangi nikmat nya d hati …” MARI BICARA “

  7. Nadhilah

    Teh poci vanilla juga enak harum cocoa kayak ciri-ciri di atas

  8. Danang

    Enak kan juga teh 999,tehnya asli ,harga murah,harga 1000 satu kotak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: